Sejarah Jurusan Tarbiyah

Sejarah keberadaan Jurusan Tarbiyah di STAIN Watampone tidak terlepas dari sejarah berdirinya STAIN Watampone. Cikal bakal STAIN Watampone telah ada sejak 37 tahun lalu dengan nama Universitas Islam Raya, kemudian meningkat menjadi Fakultas Syariah Cabang IAIN Alauddin Ujung Pandang (tahun 1966 – 1982). Selanjutnya sejak tahun 1982 sampai dengan 1987 menjadi fakultas Madya dengan nama Fakultas Syariah Watampone.

Sejak berdiri pada tahun 1966 sampai dengan tahun 1997, perguruan tinggi ini telah mengalami kemajuan yang signifikan, dengan didukung oleh tenaga pengajar profesional dan tenaga teknis yang terampil serta sarana dan prasarana yang terus dikembangkan sehingga tidak kalah bersaing dengan perguruan tinggi lainnya dalam menghadapi tantangan dan persaingan global.

Pada tanggal 21 Maret 1997 berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1997, pemerintah menaikkan status Fakultas Syariah Watampone menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone, dengan dua jurusan yaitu jurusan Syariah dan jurusan Tarbiyah.

Tahun 2018, Jurusan Tarbiyah kini memiliki enam program studi yakni Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Melalui visi jurusan yakni “Pada Tahun 2030 menjadi Jurusan Unggul dalam Menghasilkan Pendidik/Guru dan Kependidikan Islam di Lembaga Pendidikan yang Profesional dan Berakhlak Mulia di Kawasan Indonesia Timur”. Diharapkan pengembangan Jurusan Tarbiyah STAIN Watampone menjadi semakin pesat, dan menjadi salah satu pilihan utama pencetak tenaga-tenaga professional dan handal di bidang pendidikan.